Bahasa Indonesia Jadi Target Phishing

Posted: 21 Desember 2010 in info tekno

Jika selama ini serangan phishing banyak menggunakan bahasa Inggris, hati-hatilah. Pasalnya Indonesia kini telah menjadi salah satu bahasa yang menjadi perhatian phisher (pelaku phishing) di dalam situs phishing-nya.

Sementara itu, situs phishing non-bahasa Inggris lainnya yang juga menjadi sasaran phisher mencakup, Portugis, Italia, Spanyol, Rusia, Albania, dan Turki. Tiga negara pertama merupakan tiga besar yang menyumbang paling banyak phishing.

Berbeda dengan bulan sebelumnya, di bulan ini sebanyak 80 persen situs phishing meningkat secara signifikan, demikian menurut laporan spam bulanan vendor Symantec. Di bulan Oktober lalu, phishing dalam media sosial hanya menyumbang sekitar 4 pesen dari keseluruhan lanskap phishing.

Phisher diketahui telah menggunakan berbagai jenis umpan untuk memikat pengguna agar memberikan informasi pribasi mereka. Bulan lalu, jenis umpan yang biasa digunakan adalah dengan mengklaim ‘serangan’ mereka adalah berasal dari layanan keamanan merek jejaring sosial. Setelah itu pengguna akan diminta untuk terus memberikan kredensial login mereka untuk terus mengakses situs jejaring sosial tersebut.

Fakta penting statistik phishing dalam media sosial untuk Oktober 2010:

* Sekitar 89 penyedia layanan web gratis digunakan untuk menyimpan hampir 81% dari keseluruhan phishing dalam media sosial.

* Kemunculan Top Level Domains (TLDs) tertinggi situs phishing dalam media sosial adalah .com, .net dan .org yang masing-masing menyumbang sebesar 74%, 6%, dan 1%.

* Diantara TLD kode Negara (ccTLDs), Brazil merupakan yang paling tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s