Membuat Data dan Komputer Aman 100%

Posted: 28 Maret 2011 in info tekno

Membuat komputer aman memang tidak mudah kita lakukan, faktor utamanya mungkin ketidak pedulian kita akan hal tersebut. Tapi bagi anda yang membutuhkan keamanan super tinggi di komputer yang anda miliki, mungkin karna adanya data-data penting yang kalau jatuh ketangan orang nasib negara akan hancur, disini kemanan komputer merupakan prioritas no.1 yang hasur anda penuhi. Ancaman kemanan yang anda hadapi disini sedikit kompleks, mulai dari ancaman virus, tangan jahil, hacker dan cracker jika anda terkoneksi dengan internet.
Berikut tips-tips kemanan untuk menjaga kemanan komputer dan data-data anda.

  • Jika anda pengguna windows gunakan password user untuk melindungi komputer anda, dan jika komputer anda sering digunakan oleh orang lain, buatlah user lain yang tidak sejajar denga user anda, misalnya guest atau limit acount sehingga anda bisa membatasi hak akses dari user tersebut.
  • Jika anda pengguna satu-satunya komputer tersebut, gunakan juga password startup, cara mengeset password startup yakni ketikkan “syskey” tanpa tanda petik di menu run, setelah window syskey tadi muncul pilih update, dan centang pilihan “password startup” lalu masukkan password.
  • Jangan lupa gunakan password bios juga, ini sangat berguna karna bagaimanapun anda menjaga keamanan system komputer anda jika password mesinnya tidak diset, merupakan pekerjaan mudah untuk mencuri data-data di komputer anda.
  • Cara ini mungkin sedikit lucu atau mungkin terlihat sedikit over protected tapi apapun kata orang, ini kan demi keamanan anda, so seperti kata orang bijak apapun kata anjing kafilah berlalu, adapun caranya yaitu gembok CPU anda sehingga kalau ada ynga ingin buka chasing CPU anda harus menggunakan password manual yaitu kuci. Tujuan kita melakukan ini adalah untuk melindungi password bios yang sudah anda set tadi,
    karna jika batrai pada bios dicabut maka setting pada bios tadi akan kereset, dan komputer anda akan tetap bisa dijebol.

Mungkin dengan cara diatas cara diatas setidaknya aktivitas manual untuk menjebol keamanan anda bisa anda hindari, bagaimana dengan virus [trojan, worm, malware, spyware], mungkin bagi anda yang lumaya paham dengan lingkungan virus komputer, ada banyak cara yang anda bisa lakukan.
Disini saya menganjurkan anda menggunakan antivirus seperti McAfee, Kaspersky dll yang menurut saya sangat membantu untuk menjaga kemanan komputer anda dari virus
selama anti virus tersebut terupdate. Tapi jika suatu saat anda menemukan virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus anda meskipun saat itu anti virus anda uptodate anda bisa coba dengan antivirus lain, karna setiap antivirus tidak mungkin memiliki database virus yang persis sama. Atau mungkin anda bisa mengikuti cara saya dulu, dikomputer saya ada 2 antivirus, satu antivirus local dan satunya lagi antivirus luar, tapi salah satunya harus portable alias tidak terinstal dikomputer anda karna pasti tidak bisa terinstal 2 sekaligus antivirus di komputer, ini saya lakukan karana sering virus local dak terdetek sama sekali sama antivirus luar, dan virus luar sulit kedetek antivirus local.

Bagi anda yang sering menulusuri dunia maya keamanan acount-acount yang anda miliki merupakan hal utama yang harus anda jaga dengan sepenuh hati. Disini saya akan meberikan sedikit tips ringan yang pernah saya lakukan, jika anda sering menggunakan pasilitas umum untuk browsing seperti warnet dan sejesnisya anda perlu sangat berhati-hati, misalnya dari keyloger dan kawan-kawannya yang bisa mencuri password anda.
Dan bagi anda yang sering lupa logout, hati-hati anda akan cepat kehilangan sesuatu yang berharga. Jika kebiasaan ini sulit anda lakukan mungkin anda bisa mengikutai cara saya, saya biasanya jika browsing di warnet saya menggunakan browser portable yang bisa ditaruh di flash disk, sehingga jika lupa logout entah karna tiba-tiba mati lampu atau apa anda tidak perlu khawatir. Hati-hati dengan semua email yang masuk mailbox anda jika berbentuk
konfirmasi kemanan tentang acount anda, karna biasa hal tersbut merupakan ulah craker utuk mencuri password anda. Jika anda ingin menjadi member disuatu website
anda harus benar-benar tahu website tersebut terlebih dahulu..mungkin sisanya anda googling ja lagi hanay ini dulu yang bisa saya tulis.
Pesannya tidak ada suatu system yang aman 100% pasti ada celah, walaupun ada tidak mungkin sempurna karna sempurna hanya milik sang pencipta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s