Boeing 777

Boeing 777 adalah sebuah pesawat badan lebar dengan mesin kembar yang dibuat oleh perusahaan Boeing Commercial Airplanes. Pesawat ini dapat membawa antara 305 sampai 550 penumpang dan memiliki jangkauan dari 5.600 sampai 8.870 mil nautikal (10.400 sampai 16.400 km). Penerbangan pertama 777 pada 1994.

Ciri unik dari 777 termasuk enam roda pendaratan per set di setiap roda pendaratan utama, fuselage yang bundar sempurna, dan “tailcone” belakang yang menyerupai mata pisau. Pada 2005 harga satuannya sekitar AS$213 juta, meskipun harga bagi maskapai penerbangan dirahasiakan dan dapat bervariasi sangat besar.

All Nippon Airways Boeing 777-281ER All Nippon Airways Boeing 777-281ER

Boeing 777-300 merupakan pesawat terbesar untuk kategori pesawat komersial mesin ganda. Dan untuk Boeing 777-300ER (Extended Range), mesinnya, General Electric GE90-115B memiliki diameter yang sedikit lebih besar daripada diameter kabin Boeing 737. Pesawat ini memiliki kemiripan dengan Airbus A380-800, yaitu pada roda pendaratannya. Kedua pesawat ini memakai enam roda untuk dua set roda pendaratan utamanya. Bedanya, Airbus 380-800 memiliki tambahan dua set roda pendaratan yang serupa dengan Boeing 747-400 (dengan empat roda per set roda pendaratan)

Pesawat Boeing 777 ini sudah dilengkapi dengan sistem kemudi fly-by-wire. Sistem ini biasanya dipakai pada pesawat tempur. Fungsinya adalah untuk mengatasi gejala “kurang ruang” yang terjadi pada saat pilot menggerakkan “tuas kemudinya”. Sistem Fly-by-wire juga sudah diaplikasikan pada pesawat Airbus A320, A330, A340, A350 dan A380 Series. Sistem Fly-by-wire diperkirakan akan terus dipakai untuk setiap rancangan pesawat masa depan.

Boeing 777 adalah pesawat pertama yang bentuk badannya dirancang secara penuh dengan menggunakan desain komputer. Dan pada varian yang baru, pesawat ini dilengkapi dengan “ruangan lantai atas tambahan” yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat bagi para awak pesawat. Dalam pembuatan kokpitnya, pihak Boeing mendapat masukan dari sekitar 600 orang pilot. Pesawat ini menggunakan layar LCD yang terpadu dalam bentuk glass cockpit.

Penerbangan malam hari Boeing 777Penerbangan malam hari Boeing 777

Ini Boeing 777nya Malaysia Airlines mau landing di airport Kuala Lumpur  Ini Boeing 777nya Malaysia Airlines mau landing di airport Kuala Lumpur

Ruang Kelistrikan Boeing 777 Ruang Kelistrikan Boeing 777

Pesawat ini merupakan pesawat pertama dari Boeing yang menggunakan Glass Cockpit secara menyeluruh. Glass cockpit terkesan jauh lebih rapi dan elegan jika dibandingkan dengan cockpit konvensional. Sistem Glass cockpit ini dipercaya akan menjadi trend bagi pesawat-pesawat baru. Glass Cockpit telah digunakan pada Boeing 737 NG series, Boeing 747-400, Boeing 787 Dreamliner, Airbus A330, A340, A350 dan A380 series. Saat ini Boeing 777 tersedia dalam 6 model yaitu: 777-200, 777-200ER (extended range), 777-200LR (longer-range), 777-300 dan 777-300ER, dan 777 Freighter.

Dikutip dari situsnya, pesawat ini 100 persen dirancang dengan menggunakan komputer 3 dimensi yang sangat canggih. Dengan menggunakan material, mesin, dan struktur pesawat yang ringan, membuat Boeing 777 menjadi pesawat yang irit bahan bakar. Untuk setiap pon bahan bakar yang digunakan, menghasilkan karbon dioksida yang tiga kali lebih sedikit dibandingkan dengan pesawat lain yang sebanding dengan Boeing 777.

Cabin Boeing 777-222ER Cabin Boeing 777-222ER

Ini ruangan kelas satunya maskapai ANA dengan pesawat Boeing777-381ER Ini ruangan kelas satunya maskapai ANA dengan pesawat Boeing777-381ER

Kalau ini dapurnya pada Boeing 777-2H6ER milik Malaysia AirlinesKalau ini dapurnya Boeing 777-2H6ER milik Malaysia Airlines

Ini spesifikasi Boeing 777 dan keluarganya:

Spesifikasi Boeing 777 Spesifikasi Boeing 777

Beberapa fakta tentang Boeing 777:

* Pertama diopersikan oleh maskapai penerbangan pada 7 Juni 1995. Sejak itu Boeing 777 memiliki lebih dari dua juta penerbangan.

* Ada 3 juta bagian yang digunakan pada Boeing 777 dan disuplai oleh lebih dari 900 pemasok dari 17 negara di seluruh dunia.

* Pada tahun 2004, Boeing 777 mencapai produksi ke 500. Lebih cepat dari pesawat twin aisle komersial yang lain dalam sejarah.

* Boeing 777 mampu di altitudes hingga 43.100 kaki.

* Insinyur Boeing merancang model dan elektronik pra assembly pesawat dengan menggunakan komputer 3 dimensi. Fasilitas laboratorium baru disediakan untuk berbagai sistem pesawat yang akan diuji bersama-sama sebagai satu kesatuan yang terintegrasi pada simulasi penerbangan, sebelum pesawat jet penumpang pertama di luncurkan.

* Landing gear Boeing 777 adalah yang terbesar yang pernah dipasang ke dalam sebuah pesawat penumpang jet komersial. Dengan enam roda pendaratan utama di setiap gigi, dan roda dua pada hidung gigi, ia memiliki bekas yang jelas.

* Menerima penghargaan dari Industrial Designer’s Society of America pada tahun 1992 untuk kabin penumpang 777, dan pada tahun 1993 untuk desain deck penebangan 777.

* Pada 9-10 November 2005, Boeing 777-200LR Worldliner mencetak rekor dunia baru untuk jarak perjalanan non-stop sebuah pesawat penumpang jet komersial. Boeing 777-200LR menetapkan merekam jarak 11.664 mil laut (21.601 km) pada rute perjalanan ke timur dari Hong Kong ke London (Heathrow). Penerbangan selama 22 jam dan 42 menit. Prestasi yang telah diakui oleh US National aeronautika Association, The Federation Internationale Aéronautique dan Guinness Book of Records.

* Boeing 777 yang disebut dalam sebuah lagu oleh Dire Straits’ Mark Knopfler. Lagu yang terdapat pada CD “Sailing to Philadelphia.”

* Pada 30 Mei 1995, Boeing 777 menjadi pesawat pertama dalam sejarah penerbangan memperoleh US Federal Aviation Administration (Penerbangan Federal) persetujuan untuk fly extended-range twin-engine operasi (ETOPS) dan masuk ke layanan tersebut. Pada tanggal, Penerbangan Federal memberikan 180 menit ETOPS ke Pratt & Whitney-powered Boeing 777.

* Ada sekitar 50.000 kaki kubik volume di Boeing 777-300, dan 40.000 kaki kubik di Boeing 777-200.

* Boeing 777 memiliki akselerasi kecepatan yang tinggi yaitu dari nol sampai 60 mph (96 km / h) dicapai dalam waktu kurang dari enam detik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s